PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR TELAAH KURIKULUM DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Abstract
Research experimental aims to compare two instructional methods of the results of the curriculum and designing instruction subject. Instructional method consisting of blended learning and scientific learing. Study was conducted the major of phisycal and health education. Experimental methods used design factorial 2x2. Consisting of 68 sample students. Analysis technique analytics data variance and the tuckey. From the results of statistical calculations it can be concluded that there is a significant effect Blendeed learning method and kinesthetic intelligence against the learning result from the value of t count 2,179 > t table1,990 with a significance level of 0.05. While the effect of 7.01%.
Keywords: Blended Learning, Scientific Learning, Kinesthetic Intelligence, Curriculum
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan kinestetik mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode scienticif learning dan blended learning. Penelitian ini dilakukan di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan semester 5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen 2x2 dengan desain faktorial. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 yang mengontrak mata kuliah Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Dari hasil perhitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan metode blended learning dan kecerdasan kinestetik terhadap hasil belajar Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran terbukti dari nilai thitung 2,179 > ttabel 1,990 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya sebesar 7,01%.
Kata kunci: Blended Learning, Scientific Learning, Kecerdasan Kinestetik, Kurikulum