MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21. Pembuatan artikel ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif. Hasil telaah literatur menujukan bahwa project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa karena secara langsung model ini menuntut kreativitas siswa dalam memecahkan masalah yang diterima, memberikan peluang yang luas kepada siswa untuk membuat keputusan dalam memilih topik, melakukan penelitian, menyelesaikan sebuah proyek tertentu dan para siswa bekerja secara nyata. Model pembelajaran berbasis proyek berfokus pada konsep dan prinsip inti sebuah disiplin, memfasilitasi siswa untuk berinvestigasi, pemecahan masalah, dan tugas-tugas bermakna lainnya, berpusat pada siswa (students centered) Pembelajaran project based learning memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran yang menyenangkan dan relevan. Model pembelajaran project based learning dapat menjadi salah satu model yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik agar pembelajaran menjadi nyata dan menyenangkan serta dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa