https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/issue/feed Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi 2024-11-06T12:38:39+00:00 Dine Trio Ratnasari dinetrioo@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah dasar.</p> https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/444 ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 1 SDN 2 MUARA CIUJUNG TIMUR 2024-09-01T00:16:14+00:00 Nurhaeni Nurhaeni khalidahnurwidad@gmail.com Suherman Suherman suherman@untirta.ac.id Deby Fauzi Asidiqi df.asidiqi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana tahap-tahap implementasi penanaman nilai-nilai Pancasila pada kurikulum merdeka belajar, (2) mendeskripsikan bagaimana metode pengajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa kelas 1 di SDN 2 Muara Ciujung Timur, (3) mendeskripsikan apa yang menjadi hambatan serta tantangan yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru kelas 1, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika dalam pembelajaran penanaman nilai-nilai Pancasila, antara lain tingkat pemahaman siswa, keterbatasan sumber belajar yang mendukung, serta tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan materi pembelajaran lainnya. Selain itu, peran aktif orang tua dan masyarakat dalam membantu memperkuat penanaman nilai-nilai Pancasila juga masih perlu ditingkatkan. Dengan demikian, disarankan adanya upaya yang lebih intensif dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran</p> 2024-09-01T00:15:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/445 PENGEMBANGAN BOOKLET UNTUK MENGENALKAN KERAGAMAN BUDAYA DAERAH KABUPATEN LEBAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR 2024-09-07T08:01:40+00:00 Samnah Samnah samnahsamnah0@gmail.com Suherman Suherman suherman@untirta.ac.id Dede Kurnia Adiputra dedemadridista57@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan menghasilkan media dan mengenalkan booklet keragaman budaya daerah kabupaten Lebak kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang inovatif menggunakan media booklet. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah booklet sebagai solusi untuk mengenalkan keberagaman budaya Lebak kepada siswa. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan booklet keberagaman budaya Lebak. (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap booklet keberagaman budaya Lebak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian R&amp;D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk dan diuji kelayakan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (Four-D) yang memiliki 4 tahapan proses pengembangan diantaranya: 1. Define (Pendefinisian), 2. Design (Perencanaan), 3. Develop (Pengembangan), 4. Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Muara Ciujung Timur. Untuk data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan instrumen validitas angket untuk media booklet, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 94%. Penilaian validasi ahli bahasa pada media booklet berbasis kearifan lokal memiliki kategori “Sangat Layak” dengan persentase 97,5%. Dan untuk penilaian validasi ahli materi mendapat kategori “Sangat Layak” dengan persentase 82%. Uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Muara Ciujung Timur yang berjumlah 24 siswa memperoleh hasil sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Menarik” untuk digunakan dan dijadikan sebagai sumber belajar pengenalan budaya daerah</p> 2024-09-07T08:01:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/446 ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA KELAS II SDN 2 ALASWANGI 2024-11-06T12:36:04+00:00 Asnah Asnah asnahp2@gmail.com Yadi Heryadi heryadi.yadi07@gmail.com Dine Trio Ratnasari dinetrioo@gmail.com <p>Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), adalah teknologi yang mencakup peralatan seluruh teknik untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan menstransfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Dengan demikian, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua konsep yang tidak dapat terpisahkan Penelitian&nbsp; kualitatif&nbsp; instrumennya&nbsp; adalah&nbsp; peneliti&nbsp; itu&nbsp; sendiri.&nbsp; Penelitian&nbsp; ini&nbsp; difokuskan&nbsp; kepada penelitian&nbsp; studi&nbsp; kasus&nbsp; tunggal,&nbsp; dimana&nbsp; kasus&nbsp; yang&nbsp; dipilih&nbsp; diposisikan&nbsp; sebagai&nbsp; perwakilan&nbsp; dari beberapa kasus serupa, sebab kasus yang terjadi merupakan kesempatan yang membuka akses peneliti untuk melakukan penelitian terhadap kasus yang bersangkutan.salah satu upaya yang di lakukan oleh orang tua untuk meningatkan tingkah laku anak terhadap gadget adalah dengan membatasi dalam penggunakan&nbsp; gadget&nbsp; Disarankan&nbsp; kepada&nbsp; siswa&nbsp; untuk&nbsp; lebih&nbsp; menggunakan&nbsp; gadget&nbsp; dengan&nbsp; sebaik mungkin karena siswa yang benar-benar menggunakan gadget denga baik maka tingkat prestasi siswa tersebut&nbsp; akan&nbsp; meningkat,&nbsp; di&nbsp; bandingkan&nbsp; dengan&nbsp; siswa&nbsp; yang&nbsp; menggunakan&nbsp; gadget&nbsp; hanya&nbsp; untuk bermain saja</p> 2024-11-06T12:36:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/447 PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN TERHADAP SIKAP MANDIRI SISWA KELAS IV SDN 2 CIUYAH 2024-11-06T12:38:39+00:00 Uswatun Hasanah uswahkamil2445@gmail.com Habib Cahyono hcnrks@gmail.com Anggi Rahmani anggirahmani85@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan terhadap sikap mandiri siswa Kelas IV SDN 2Ciuyah. Penelitian ini menggunakan penelitian <em>ex post facto</em> yaitu penelitian bagian pendekatatan kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data. Untuk dapat melihat pengaruh antara variabel x dan y. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Ciuyah, sampel yang digunakan terdiri dari 40 sampel. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan metode regresi linear sederhana diperoleh nilai Sig 0,000 &lt; 0,005 sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan terhadap sikap mandiri</p> 2024-11-06T12:38:39+00:00 ##submission.copyrightStatement##