PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung siswa sehingga diperlukan media yang dapat membantu siswa dalam berhitung dan media yang dianggap tepat adalah media puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa melalui penggunaan media puzzle. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan akhir siklus II serta data hasil observasi dan keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilaksanakan tes, rata-rata pada siklus I adalah 67,35 dengan presentase ketuntasan sebesar 53,57% yaitu 16 siswa dari 28 termasuk dalam kategori tuntas dan 12 siswa dari 28 dalam kategori belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,07 dengan presentase ketuntasan sebesar 92,85% yaitu 26 siswa dari 28 termasuk dalam kategori tuntas dan 2 siswa dari 28 termasuk dalam kategori tidak tuntas.