PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
Abstract
Permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dikelas IV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitataif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus I yaitu 62,8% lalu mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 80,0%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran tematik muatan IPS dikelas IV