PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

  • Deby Fauzi Asidiqi STKIP Setia Budhi
  • Dede Kurnia Adiputra STKIP Setia Budhi
  • Siti Saumi STKIP Setia Budhi

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dikelas IV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitataif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus I yaitu 62,8% lalu mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 80,0%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran tematik muatan IPS dikelas IV

Published
2022-07-30
How to Cite
Asidiqi, D., Adiputra, D., & Saumi, S. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(1), 72-81. Retrieved from https://jurnal.usbr.ac.id/jpds/article/view/142

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.