MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KEARIFAN LOKAL
Abstract
The purpose of this research is to find out how to shape student character through local wisdom. The method used is through a literature review based on documents. Local wisdom will only last if local wisdom is implemented in concrete daily life so that it is able to respond and respond to the currents of the changing times. The results showed that the revitalization of local culture (local wisdom) is relevant for building character education. This is because local wisdom in the region will in turn be able to lead students to love their region. The love of students for their region will create regional resilience. Regional resilience is the ability of an area shown by the ability of its citizens to organize themselves in accordance with the concept that is believed to be true with a strong spirit, high enthusiasm, and by making wise use of nature. Through a comprehensive approach and integrated learning can enhance a series of positive activities to support children's creativity and able to provide a meaningful learning experience.
Keywords: Character Education, School, Local Wisdom
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana membentuk karakter siswa melalui kearifan lokal. Metode yang digunakan melalui kajian literatur berdasarkan dokumen. Kearifan lokal hanya akan abadi kalau kearifan lokal terimplementasikan dalam kehidupan konkret sehari-hari sehingga mampu merespon dan menjawab arus zaman yang telah berubah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan revitalisasi budaya lokal (kearifan lokal) yang relevan untuk membangun pendidikan karakter. Hal ini dikarenakan kearifan lokal di daerah pada gilirannya akan mampu mengantarkan siswa untuk mencintai daerahnya. Kecintaan siswa pada daerahnya akan mewujudkan ketahanan daerah. Ketahanan daerah adalah kemampuan suatu daerah yang ditunjukkan oleh kemampuan warganya untuk menata diri sesuai dengan konsep yang diyakini kebenaranya dengan jiwa yang tangguh, semangat yang tinggi, serta dengan cara memanfaatkan alam secara bijaksana. Melalui pendekatan komprehensif dan pembelajaran terintegrasi dapat meningkatkan serangkaian kegiatan positif untuk mendukung kreativitas anak dan
mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sekolah, Kearifan Lokal