STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING TRANSFERRING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Problem solving is learning to use scientific methods or to think systematically, logically, regularly and
thoroughly. The goal is to acquire cognitive abilities and skills to solve problems rationally. Efforts to
improve students' mathematical problem solving abilities by using the REACT learning strategy. This study
aims to determine whether the increase in mathematical problem solving abilities of students who get
REACT learning strategies is better than students who get conventional learning. The research method used
is a quasi-experimental method. This research was conducted at SDN Bayah Timur 1 and SDN Suwakan 2 in
the even semester of the 2019/2020 academic year. The research data were obtained using a research
instrument in the form of a test instrument given at the time of the pretest and posttest. The hypothesis test
used is the t-test. The conclusion obtained in this study is that the increase in the students' mathematical
problem solving ability in the experimental class is no better than that of the control class students.
Keywords: REACT, Mathematical Problem Solving
Abstrak
Pemecahan masalah adalah belajar menggunakan metode-metode ilmiah atau berpikir secara sistematis,
logis, teratur dan teliti tujuannya adalah untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan kognitif untuk
memecahkan masalah secara rasional. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk
Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan
strategi pembelajaran REACT lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
Bayah Timur 1 dan SDN Suwakan 2 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh
dengan menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yang diberikan pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas eksperimen tidak lebih baik dari pada
siswa kelas kontrol.
Kata Kunci: REACT, Pemecahan Masalah Matematis