PENGEMBANGAN BOOKLET UNTUK MENGENALKAN KERAGAMAN BUDAYA DAERAH KABUPATEN LEBAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media dan mengenalkan booklet keragaman budaya daerah kabupaten Lebak kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang inovatif menggunakan media booklet. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah booklet sebagai solusi untuk mengenalkan keberagaman budaya Lebak kepada siswa. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan booklet keberagaman budaya Lebak. (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap booklet keberagaman budaya Lebak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk dan diuji kelayakan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (Four-D) yang memiliki 4 tahapan proses pengembangan diantaranya: 1. Define (Pendefinisian), 2. Design (Perencanaan), 3. Develop (Pengembangan), 4. Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Muara Ciujung Timur. Untuk data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan instrumen validitas angket untuk media booklet, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 94%. Penilaian validasi ahli bahasa pada media booklet berbasis kearifan lokal memiliki kategori “Sangat Layak” dengan persentase 97,5%. Dan untuk penilaian validasi ahli materi mendapat kategori “Sangat Layak” dengan persentase 82%. Uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Muara Ciujung Timur yang berjumlah 24 siswa memperoleh hasil sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Menarik” untuk digunakan dan dijadikan sebagai sumber belajar pengenalan budaya daerah