PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ALAT PANCA INDRA DI KELAS IV SDN II HAURGAJRUG
Abstract
Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya materi alat panca indra. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar alat panca indra dengan menggunakan media pembelajaran edukatif lingkaran pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 69,83% dengan persentase belajar klasikal 70% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80% dengan persentase 100%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edukatif lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA