PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 3 JATI MULYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet (3) Apakah proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini saya menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui penerapan metode Demonstrasi pada mata pembelajaran IPA materi gaya magnet. Penelitian ini di laksanakan di SDN 3 Jati Mulya Rangkasbitung, subjek penelitian ini adalah siswa-siswi jelas V dengan jumlah siswa- siswi 16 orang. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sebelum menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi hasil belajar siswa sebelum mencapai KKM yang telah ditentukan dilihat dari nilai rata-rata siswa pada saat siklus I sebesar (55,56 %) dari 16 orang siswa dengan ketuntasan klasikal siswa sebanyak 6 oeang. (2) setelah menggunakan metode Demonstrasi hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata (78,43%) dengan ketuntasan klasikal siswa sebanyak 14 orang. (3) Proses penerapan metode demonstrasi pada materi Gaya Magnet di kelas V SDN 3 Jati Mulya Rangkasbitung berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah direncanakan. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana dengan menggunakan metode demonstrasi pembelajaran IPA dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar karena siswa-siswi terlihat lebih bersemangat, aktif dan percaya diri selama berlangsungnya pembelajaran