MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET DI SDN 23 REJANG LEBONG

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET DI SDN 23 REJANG LEBONG

  • Dopis Dopis Universitas Terbuka
  • Eka Setiawati Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Keywords: Hasil Belajar,Benda Konkret,Matematika

Abstract

Perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan berjudul“Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Konkret di SDN 23 Rejang Lebong”. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi masih rendahnya hasil belajar murid pada materi pecahan. Dari 30 murid dikelas II,hanya 18 orang yang memperoleh nilai sesuai KKM. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media benda konkret untuk menambah semangat murid mempelajari materi pecahan. Penggunaan media benda konkret ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar murid pada materi pecahan yang masih dianggap sulit. Perbaikan dilaksanakan di SDN 23 Rejang Lebongpada kelas II yang terdiri dari 30 murid.Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 80% atau sekitar 24 orang murid, masih terdapat 6 orang murid yang belum tuntas. Perbaikan siklus II presentasi ketuntasan murid mengalami peningkatan dengan hasil presentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 96,70 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas II SDN 23 Rajang Lebong pada pelajaran Matematika materi pecahan.

References

Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Khoirulliati, K., &Farisia, H. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Al- Hikmah: Indonesianjournal of Early Childhoodslamic Education,4(2), 109-119.
Arisi,shoimin.(2014).68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta :Ar-RuzzMedia
Avilanti,M.,Timur,N.T.,Belajar,H.,Avilanti,M.,& Timur,N. T.(2019).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar muridPadaMateri Pecahan Melalui Penggunaan Alat Peraga di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 162–173.
Kimin.(2020).Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Benda Kongkrit Pada muridKelas I SDN Tuban Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Jurnal lmu Sosial Dan Pendidikan, 4(1), 75–82.
Malla, J. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dan Urutannya Dengan Media Pita Transparansi Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi muridSekolah Dasar. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 206–213.
Munjiati.(2015). Manajemen Operasi : Strategi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif, Yogyakarta : Gramasurya,
Sianipar, H. M., Panjaitan, M., &Sitio, H. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling.Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2170–2180. Sudijonoi,Anas.(2015).Pengantar Evaluasi Pendidikan,Jakarta:RajaGrafindo. Sumadi, Suryabrata. (2018). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali
Winataputra, Udin. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Zebua, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar dalam Materi Pecahan Melalui Bantuan Alat Peraga Konkret. Jurnal Global Edukasi, 4(1), 9–16.
Published
2024-07-07