MENINGKATKAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TEBAK GAMBAR DI SD IT TUNAS BARU KELAS II DUSUN V AMAN DAMAI KEC.SEI LEPAN KAB.LANGKAT

MENINGKATKAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TEBAK GAMBAR DI SD IT TUNAS BARU KELAS II DUSUN V AMAN DAMAI KEC.SEI LEPAN KAB.LANGKAT

  • Legiani Legiani Universitas Terbuka
  • Eka Setiawati Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Keywords: Membaca Nyaring, Tebak Gambar

Abstract

Keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SD IT Tunas Baru masih kurang maksimal, masih banyak siwa yang belum mampu membaca. Karena itu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas II SD IT Tunas Baru yang jumlahnya 17 orang siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan didalam kelas seperti PTK yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan catatan anekdot dan portofolio. Dari analisis data dapat diperoleh hasil bahwa keterampilan membaca nyaring dari siklus 1 memperoleh hasil sebesar 47%, sedangkan hasil yang didapat dari siklus 2 hasilnya mencapai 76%, hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mampu membaca nyaring tentunya dengan menggunakan media tebak gambar. Dengan demikian tahapan yang kita harapkan dari siswa sudah dapat tercapai. Ini semua tidak lepas dari keprofesionalan guru dalam memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar, menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan kepada para peserta didik.

References

Aan Yuliyanto,dkk (2014). Karya Tulis Ilmiah Permainan Tebak Gambar Berbasis Pretend Play Sebagai Solusi Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini. Purwakarta: UPIK Purwakarta
Aisa Andi Baso, Sitti Efendi, Sahrudin Barasandji. Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1.
Arief S Sadiman, dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo
Eka Setiawati, dkk. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. CV Widina Media Utama
EU Setiawati, AU Ulfah. (2018). Meningkatkan Perkembangan Berbicara Anak Mellui Bercerita Menggunakan Papan Flanel. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Irene May Widiyani Safitrih, Agung Setiawan. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dalam Muatan Bahasa Indonesia Tema 2 Siswa Kelas 2 SDN Majungan 1 Pademawu Pamekasan. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan.
Rahman, B., Haryanto, H. (2017). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard. Jurnal Prima Edukasi
Risna Sinaga. (2022). Analisis Pelaksanaan Media Gambar Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 091713 Amborokan. Jurnal Mahesa Center
Riyanti, Asih. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media
Setiawan, Roosie.(2017). Membacakan Nyaring. Jakarta: Noura Publishing
Sunarti, Sri (2021). Pembelajaran Membaca Nyaring Disekolah Dasar. Jawa Tengah: NEM
Widyastuti, Ana. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: Elex Media Komputindo
https://goeroendeso.wordpress.com/2018/03/18/mengenal-siklus-dalam-penelitian-tindakan-kelas/ diunduh pada 18 oktober 2023. 09.44 WIB
Published
2024-07-07