PENGEMBANGAN ASSESSMENT BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ORGAN PERNAFASAN BAGI SISWA KELAS V SDN 2 REJOSO NGANJUK

PENGEMBANGAN ASSESSMENT BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ORGAN PERNAFASAN BAGI SISWA KELAS V SDN 2 REJOSO NGANJUK

  • Septian Eka Nur Susanti Universitas Terbuka
  • Eka Setiawati Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Keywords: Assessment, HOTS, Penelitian dan Pengembangan, Pembelajaran IPA

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 2 Rejoso Nganjuk, masih banyak guru yang menggunakan penilaian tradisional. Masih banyak bentuk soal yang diberikan dalam bentuk LOTS dimana siswa hanya sebatas menghafal dan menghafal bukan dalam bentuk soal HOTS yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan asesmen berbasis HOTS, (2) mengetahui hasil pengembangan asesmen berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall yang peneliti modifikasi menjadi 7 langkah meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk,  uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, perbaikan produk hasil uji lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi yang dilakukan di SDN 2 Rejoso Nganjuk dengan jumlah siswa 19 orang. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa pengembangan asesmen berbasis HOTS layak digunakan dengan memenuhi 2 aspek yaitu kelayakan dan kepraktisan. aspek kelayakan dibuktikan dengan validasi mendapat skor 4 dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi materi dengan skor 3,2 dengan kategori “Baik”. Aspek kepraktisan dilihat dari tanggapan siswa  memperoleh rata-rata skor 3,67 dengan kategori “Setuju”. Hasil penelitian asesmen berbasis HOTS dapat disimpulkan dapat digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan layak

References

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Educational Technologia, 1(2).
Gunawan, A. W. (2012). Genius Learning Strategy: petunjuk praktis untuk
menerapkan accelerated learning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Herawati, R., Rustono, W. S., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen
Hots Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151–159.
Khodijah, Nyuya. (2016). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press
Suriasumantri (ed), 1983. Psikologi Pendidikan.
Mudakir, I. (2005). Keefektifan Penerapan Model SEQIP Dalam Pembelajaran
Konsep Dasar IPA di PGSD FKIP UNEJ. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 61-118.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:
Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:: BPFE.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk
Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.
Wahyuni, S. W., & Anggo, M. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadkemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Smp Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 147-163.
Widana, I. W. (2017). Penyusunan Soal Higher order Thiking Skills. Jakarta:
Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. (2020). Pengembangan Soal Higher
Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 200–220.
Published
2024-07-07