Analisis Penggunaan Media Peta Berbentuk Puzzle Dari Plastik Kemasan Makanan Ringan Terhadap Kreativitas Siswa
Abstract
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu pada proses kegiatan belajar mengajar, karena realita di lapangan saat ini pengajaran di sekolah hanya bersifat monoton. Terpengaruh oleh metode yang hanya menerangkan dengan ceramah. Seorang siswa bisa menikmati pembelajaran jika seorang guru menyajikan materi dengan berbagai metode ketika mengajar di kelas. Hal ini terdapat dua unsur yang penting yaitu metode pengajaran dan media pembelajaran. Kedua unsur ini saling keterkaitan karena dengan metode pengajaran tentunya juga akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai. Ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah karya berupa media peta berbentuk puzzle dengan memanfaatkan plastik kemasan makanan ringan pada mata pelajaran Sejarah. Media peta berbentuk puzzle ini adalah suatu jenis permainan yang dapat merangsang kemampuan logika anak, yang dimainkan dengan cara memasang kembali kepingan puzzle menjadi bentuk yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media peta berbentuk puzzle dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah siswa kelas XI MAN 1 Lebak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media peta berbentuk puzzle dari plastik kemasan makanan ringan terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI MAN 1 Lebak ini pada proses pembelajaran sangat menarik siswa dalam mengikuti pelajaran Sejarah, aktif, kreatif serta dapat lebih mudah menghafal posisi-posisi pulau-pulau, Provinsi yang ada di Indonesia.