PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS I

  • Muhamad Rafly Islami Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Usmaedi Usmaedi Universitas Setia Budhi Rangkasbitung https://orcid.org/0000-0002-1832-6274
  • Weny W Bastaman Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Keywords: Hasil Belajar Sejarah, Metode Team Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak Siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sejarah dan kondisi tenaga pendidik yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga Siswa yang tadinya antusias menjadi kurang semangat belajar di dalam kelas. Padahal profesionalitas tenaga pendidik menjadi tumpuan awal keberhasilannya belajar di kelas. Tujuan penulisan ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui metode Team Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto, Suhardjono, & Supardi, 2015 terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 tindakan. Objek penelitian ini pada Siswa kelas XI MAN 1 Lebak pada bulan april-mei 2024 dengan jumlah 32 Siswa. Tes yang digunakan pada penilaian ini yaitu menggunakan tes dan nontes. Sedangkan analisis data kuantitatif memanfaatkan presentase yang merupakan langkah awal dari keseluruhan proses analisis. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar sejarah melalui metode Team Games Tournament (TGT) menunjukan adanya peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dari tindakan prasiklus ini mencapai 55,75 termasuk kategori “kurang”. Pada hasil pelaksanaan siklus I menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata 2339 atau 73,09% mencapai kategori “cukup”. Dan pada siklus II ini secara keseluruhan sudah mencapai indikator pencapaian yaitu 2596 atau 81,13% dimana nilai KKM yaitu 80. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Team Games Tournament (TGT) dapat  meningkatkan hasil belajar sejarah pada Siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Lebak.

Published
2024-11-21
How to Cite
Islami, M., Usmaedi, U., & Bastaman, W. ( ). PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS I. KALA MANCA: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, 12(2), 1-7. https://doi.org/10.69744/kamaca.v12i2.355

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.