https://jurnal.usbr.ac.id/DeBode/issue/feedDe Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi2024-08-14T08:59:32+00:00Usmaediusmaedikentlee@gmail.comOpen Journal Systems<p>De Banten-Bode merupakan Jurnal Pengabdian Masyarakat yang mengkaji tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa kebijakan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. De Banten-Bode terbit 2 kali setahun setiap bulan Maret dan September.</p>https://jurnal.usbr.ac.id/DeBode/article/view/318PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU SISWA BERORIENTASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY, ENGGINERRING DAN MATH) UNTUK PENGEMBANGAN LITERASI SISWA DI SDN WAJAK 1 KABUPATEN MALANG2024-05-06T09:25:10+00:00Ade Eka Anggrainiade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idOktaviani Adhiade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idRadeni Sukma Indraade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idLilik Binti Mirnawatiade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idMoh. Rozy Zamroniade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idRissky Rahmayantiade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idIlham Mulya Putra Pradanaade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idUsmaedi Usmaediade.ekaanggraini.pasca@um.ac.idUsmaedi Usmaediade.ekaanggraini.pasca@um.ac.id<p>Berdasarkan dari hasil observasi dan diskusi antara mitra yaitu kepala sekolah SDN Wajak I dan tim pengabdian menyimpulkan permasalahan di SD tersebut diantaranya (1) kurangnya pemahaman guru terhadap STEM, karena dianggap hanya untuk mata pelajaran IPA, (2) belum tersedianya referensi buku penunjang di kelas maupun perpustakaan, (3) pembelajaran belum tersentuh inovasi literasi dan teknologi, dan (4) Pembelajaran berorientasi STEM masih asing bagi guru-guru. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan <em>Focus Group Discussion</em> (FGD) dan pelatihan aktivitas pembelajaran melalui literasi. Penambahan jumlah pustaka berkaitan dengan STEM dalam pembelajaran, Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEM berorientasi literasi, Pendampingan penyusunan draf buku siswa berorientasi STEM. Pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa peserta telah memahami penyusunan buku siswa yang berorientasi pada STEM terutama untuk pengembangan literasi siswa di SDN Wajak 1 Kab. Malang. Para guru SDN Wajak 1 melalui diskusi dan tanya jawab membuat lebih faham akan pentingnya dan Langkah Langkah memuat buku siswa hal ini juga mempermudah untuk guru dalam pendampingan siswa siswa agar menjadi lebih terarah dan<em> focus</em> dalam berkegiatan khususnya dalam bidang literasi dan numerasi</p>2024-04-01T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.usbr.ac.id/DeBode/article/view/432PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL DI INDONESIA DITINJAU DARI PENGUATAN EKONOMI SYARIAH2024-08-14T08:59:32+00:00Ayu Alfiani Pratiwiayualfiani45@gmail.comCory Vidiaticoryvidiati@bungabangsacirebon.ac.id<p>Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 87% total populasi Muslim. Jumlah tersebut merupakan pangsa pasar yang menjanjikan, termasuk produk dan jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji prospek industri halal dalam mendukung pengembangan ekonomi Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar industri halal seperti sektor makanan, pariwisata, fashion, dan obat-obatan dapat menjadi modal dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong pengembangan ekonomi syariah adalah dengan mengembangkan & memasukkan nilainilai halal yang berkelanjutan dalam masterplan ekonomi syariah Indonesia tahun 2019-2024. Proses penerbitan sertifikasi halal suatu produk dan jasa setidaknya memerlukan tiga pihak, yaitu: Lembaga Jaminan Produk Halal, Majelis Ulama Indonesia, dan Lembaga Pemeriksa Halal. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Untuk mendukung perekonomian syariah melalui industri halal, Indonesia diharapkan mampu memaksimalkan kearifan lokal dalam memaksimalkan peluang pasar global.</p>2024-05-06T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##